Harga emas antam

Harga emas antam

Kamis, 13 Juni 2013

Identifikasi keaslian Emas Antam (Bagian 1)

Bagi sebagian besar investor Emas pemula hal mengenai keaslian Emas yang dibeli adalah hal yang sangat penting dan paling di khawatirkan. Namun hal tersebut bisa di antisipasi dengan adanya keterbukaan penjual terhadap calon pelanggannya yaitu dengan jalan memberikan edukasi atau informasi yang tepat bagaimana melakukan identifikasi keaslian Emas.

Disini penulis membatasi bahwa yang dijadikan acuan untuk identifikasi adalah Emas Logam Mulia yang di sertifikasi oleh Unit Pemurnian dan Pengolahan Logam Mulia-PT. Antam Tbk. Emas Logam Mulia Antam di pergunakan karena di Indonesia masih belum ada lembaga atau asosiasi yang melakukan sertifikasi dan standardisasi khusus kandungan emas (dan logam mulia lainnya) kecuali PT. Antam.

Oleh karena masih belum adanya standardisasi maka dari itu masyarakat dianjurkan untuk memilih emas keluaran / hasil sertifikasi PT. Antam Tbk. Tips dan saran dalam tulisan ini lebih aplikatif kaitannya dengan emas produksi antam tersebut. Tahapannya mulai dari pengecekan fisik, pengecekan sertifikat hingga melakukan uji kandungan dan berat.

Kita akan mulai dengan tahapan pengecekan fisik yang langkah-langkahnya sebagai berikut :

a. Gosok kuat dg jari tangan. Kalau permukaan berubah warna maka keasliannya diragukan
jual-emas-antam-yogyakarta













b. Gosok pelan sisi pipih emas ke kertas, jika membekas hitam/ warna gelap kertasnya,maka  keaslian emas diragukan
Jual-emas-antam-jogja













c. Kemudian coba di timang-timang. Massa jenis emas tinggi. Kecil ukurannya tapi sangat berat. Besi perlu 5x lebih besar ukurannya utk berat yg sama. Atau perak perlu 7x lebih besar ukurannya
antam-jogja













d. Meski warna tak tunjukkan kadar, (warna emas ditentukan logam campurannya dan juga proses pelapisan saat finishing) lihat warna emas nya, kilau emas tak bisa disamai logam lain. Ciri terakhir yang dapat dilihat dari fisik Emas LM Antam adalah adanya arsiran pentagram membentuk huruf "L" dan "M" bergantian jika di goyang-goyangkan pada tengah-tengah badan Emas bagian belakang.
Jual-emas-yogyakarta

















Tahapan pengecekan sertifikat dan uji kandungan akan dibahas pada tulisan berikutnya Identifikasi keaslian Emas Antam (Bagian 2)

Semoga bermanfaat dan Selamat Berinvestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar