Harga emas antam

Harga emas antam

Rabu, 03 Juli 2013

Identifikasi keaslian Emas Antam (Bagian 2)

Jika artikel sebelumnya membahas identifikasi keaslian Emas LM Antam melalui metode fisik, maka kali ini sesuai janji kami akan dibahas identifikasi keaslian Emas LM Antam dari sisi sertifikat dan uji kandungan. Setidaknya ada 5 ciri yang dapat kita lihat di dalam sertifikat Emas LM Antam yang asli, mari kita bahas satu per satu,

-          Pada sisi depan sertifikat terdapat Logo logam mulia dengan warna dasar Biru-Emas berbentuk pentagram, kemudian bagian belakang sertifikat terdapat logo KAN (Komite Akreditasi Nasional) disisi kiri atas dan logo LBMA (London Bullion Market Association) di sisi kanan bawah, LBMA adalah salah satu dari 4 lembaga asosiasi pedagang emas dunia yang dapat memurnikan dan menerbitkan sertifikat keaslian Emas, tiga lembaga lainnya adalah NYMEX (New York Merchantile Exchange), TOCOM (Tokyo Commodity Exchange), DMCC (Dubai Multi Commodities Centre). Pada bagian belakang sertifikat ini juga terdapat informasi spesifikasi Emas antara lain ID Number (Nomor ID) yang harus sama dengan yang tercetak pada badan Emas, Weight (berat emas) dalam gram, Form (bentuk&dimensi ukuran emas) dan Fineness (kemurnian emas).

-          Ciri fisik selanjutnya dapat terlihat dengan menerawang dibawah lampu terang, akan terlihat watermark huruf “C” terkait berlawanan arah membentuk huruf “S” yang merupakan identitas PT. Swadharma Eragrafindo Sarana (lihat gambar)
Jual-emas-jogja













-          Ciri fisik terlihat dibawah sinar UV, setidaknya ada tiga ciri fisik yang dapat dilihat dengan menggunakan bantuan lampu Ultraviolet (UV). Biasanya lampu UV ini digunakan untuk mengidentifikasi keaslian uang kertas. Dibawah sinar UV, sertifikat asli Logam Mulia Antam akan menunjukkan tanda pendar yaitu berupa bercak seperti coretan-coretan berwarna kuning-merah muda-ungu di seluruh bagian sertifikat, logo LM berbentuk pentagram dibagian bawah dan yang terakhir adalah blok dibagian spesifikasi Emas (lihat gambar)
Jual-emas-antam
















Dari serangkaian hasil uji fisik dan sertifikat sebenarnya keaslian Emas LM Antam sudah bisa dapat diketahui, namun biasanya lembaga-lembaga seperti bank syariah, pegadaian dan toko emas akan melakukan tes lanjutan berupa tes karat atau terminologi karat untuk melihat berapa kemurnian Emas.

Adapun uji sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui terminologi karat adalah menimbang emas dengan menggunakan Neraca/timbangan digital yang memiliki ketelitian 2 angka dibelakang nol dan memiliki fitur tare (mengnolkan timbangan). Untuk caranya sebagai berikut :
-          Timbang Emas di atas timbangan digital dan catat angka yang ditunjukkan pada timbangan tersebut (lihat gambar)
antam-jogja













-          Timbang Emas di dalam gelas ukur yang berisi air dan catat angka yang ditunjukkan (lihat gambar)
emas-yogya













Lalu masukkan angka-angka tersebut kedalam kalkulator karat online yang bisa di akses di situs Gerai dinar, dari perhitungan kalkulator tersebut maka akan didapat nilai kandungan emas/karatnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat berinvestasi dengan aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar