Harga emas antam

Harga emas antam

Kamis, 31 Januari 2013

Harga emas naik oleh konsistensi kebijakan The Fed dan menurunnya PDB AS


Financeroll – Harga emas di pasar komoditi berjangka pada hari Rabu (30/01) berakhir naik setelah kabar yang menyatakan perekonomian AS mengecil dalam kuartal empat sehingga membuat emas sebagai safe haven menjadi menarik bagi investor.
Kebijakan ekonomi AS yang nampak lebih agresif membuat harga penutupan perdagangan hari ini di bursa elektroniknya lebih tinggi lagi. Harga emas untuk kontrak perdagangan bulan Februari berakhir naik $19.10, atau naik 1.2%, ke harga $1,679.90 per ons di bursa Comex – New York Mercantile Exchange. Untuk kontrak bulan April yang sudah diperdagangkan pula juga naik sebesar $18.90, atau naik 1.1%, berakhir di $1,681.60 per ons.
Paska penutupan perdagangan di lantai bursa, sesaat setelah The Fed menyatakan pengumumannya, maka kontrak perdagangan bulan Februari langsung naik diatas $1,681 dan untuk kontrak bulan April naik mendekati $1,683, meski akhirnya menurun kembali dibawah harga penutupannya, namun kedua kontrak tersebut masih diperdagangkan positif dengan naik 0.5% dari penutupan perdagangan hari Selasa.
Harga emas nampak sangat reaktif terhadap hasil keputusan FOMC, hal ini terkait dengan kondisi perdagangan emas yang nampak ingin mencari sesuatu yang lebih dari sekedar pengendali inflasi moneter dan sesuatu yang lebih berguna disaat terjadi kenaikan kekhawatiran pasar. The Fed menyatakan bahwa mereka masih akan tetap melakukan pembelian obligasi berbasis kredit perumahan dan Obligasi lainnya dimana senilai $85 milyar per bulan. Kabar ini menjadi angin segar bagi investor dan memberikan dukungan bagi harga emas untuk naik. Pun demikian, pernyataan ini masih belum cukup untuk memastikan harga emas akan melakukan kenaikan yang cukup panjang.
Disisi lain, Departemen Perdagangan AS melaporkan pertumbuhan produksi domestik mengalami kontraksi sebesar 0.1% dari rata-rata tahunan, dengan turun 3.1% di kuartal ketiga. Angka ini dibawah perkiraan yang diyakini akan naik 0.1%. Melemahnya PDB AS ini memberikan dorongan kenaikan harga emas, ditambah dengan kenaikan permintaan fisik perhiasan emas di Asia menjelang perayaan Imlek tahun ini. Faktor lain yang mendorong kenaikan harga emas adalah peranan bank sentral Rusia yang melakukan pembelian emas untuk cadangan devisa pula.
Kedepannya, harga emas akan banyak dipengaruhi kembali oleh berbagai masalah moneter serta sejauh mana perkembangan ekonomi Eropa. Secara keseluruhan, kenaikan harga emas ini juga membuat kenaikan harga komoditi logam lainnya, dimana komoditi perak juga mengalami kenaikan. Harga Perak untuk kontrak pengiriman bulan Maret naik sebesar 99 sen atau 3.2%, ke $32.18 per ons setelah naik 1.3% di hari sebelumnya.

Untuk Harga Emas Antam Hari ini silahkan cek disini

Sumber :
http://financeroll.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar