Harga emas antam

Harga emas antam

Jumat, 26 April 2013

Harga emas melonjak $40, emas siap memukul kembali


Financeroll – Harga emas melonjak hampir $40 per ons pada perdagangan hari Kamis (25/04) hingga mencapai kenaikan harga terbanyak sepanjang tahun ini. Naiknya harga emas saat ini dipicu kenaikan permintaan akan emas fisik dan prospek kebijakan ekonomi global serta melemahnya Dolar AS.
Hampir 50% kenaikan yang terjadi di hari Kamis ini telah melampui penurunan besar-besaran yang terjadi sebelumnya. Diperkirakan, harga emas akan bergerak dalam kisaran $1,455 hingga $1,485 bahkan bisa menembus hingga $1,522 per ons.
Harga emas untuk kontrak pengiriman bulan Juni berakhir naik $38.30, atau naik 2.7%, berakhir di harga $1,462 per ons di bursa Comex – NYMEX. Harga penutupan ini merupakan yang paling mahal semenjak 12 April silam. Fakta lainnya, kenaikan harga pada perdagangan hari ini merupakan yang paling besar secara prosentase sejak Juni silam dan terbesar sejak September atas satuan Dolar.
Kenaikan harga emas mendorong kenaikan harga komoditi logam lainnya, dimana Perak juga mengalami kenaikan harga. Untuk kontrak pengiriman bulan Mei, harga Perak naik sebesar 5.7%, atau $1.31, ke harga $24.14 per ons yang merupakan harga penutupan tertinggi dalam dua minggu ini.
Sebagaimana diketahui, bahwa harga emas anjlok besar-besaran di minggu kedua bulan April. Harga emas turun tajam mulai dari $1,560 hingga ke kisaran $1,320, dan saat ini tengah berbalik di area 50% nya. Harga emas dalam kontrak berjangka mencapai harga $1,564.90 pada 11 April sebelum terjadi kejatuhan besar-besaran di pasar dalam dua hari dan mendorong harga jatuh lebih dari $200 per ons.
Jatuhnya harga emas saat ini dipicu kepanikan pasar yang berdasarkan salah satunya atas spekulasi menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa di awal bulan ini. Salah satu isu adalah pemangkasan suku bunga Eropa oleh ECB disertai dengan prospek kebijakan AS. Kondisi ini semakin diperparah dengan data-data ekonomi AS dan Eropa sehari sebelumnya.
Pada perdagangan kemarin saja, harga emas naik $14.90 atau 1.1% setelah data ekonomi AS menyatakan pesanan barang tahan lama dari AS menurun, lebih jelek dari perkiraan angkanya.
Sumber :
www.kontan.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar